Sebelum melangkah lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran serta fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru,terlebih dahulu kita kaji tentang teori. berikut ulasanya
Teori dapat diartikan sebagai seperangkat hipotesis ( anggapan atau pernyataan sementara yang perlu diuji kebenarannya ) yang diorganisasikan secara koheren mengenai sesuatu atau serangkaian fenomena yang terjadi di dalam lingkungan nyata . Suatu teori biasanya dibangun atas dasar hasil pengamatan yang sistematis mengenai sesuatu yang terjadi di dalam lingkungannya. Tugas atau karakteristik suatu teori adalah : a) memberikan suatu kerangka kerja yang konseptual mengenai sesuatu yang dapat dijadikan sebagi dasar bagi suatu penelitian , b) memberikan prinsip – prinsip yang dapat diuji kecocokannya dengan kondisi nyata.
Sarwono, S.W ( 1987 ) menjelaskan beberapa fungsi teori yaitu fungsi deskripsi berarti suatu teori harus menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya tanpa di buat – buat, fungsi eksplanasi berarti suatu teori harus memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasiona, sistematis dan mudah dipahami, Fungsi prediksi adalah bahwa suatu teori itu harus dapat memprediksi, memperkirakan atau meramalkan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnya, fungsi pengujian adalah bahwa suatu teori harus menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru.
Pembelajaran merupakan suatu fenomena yang kompleks dan jamak, sehinga muncul berbagai pendekatan yang berbeda – beda. Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu cara pandang tentang fokus dan strategi pembelajaran yang dapat dijadikan kerangka acuan dalam praktik pembelajaran. Dan pendekatan pembelajaran biasanya dibangun atas dasar posisi pemahaman tertentu tentang apa hakikat, fokus yang dipentingkan, bagaimana cara – cara utama pencapaiannya serta asumsi – asumsi penerapannya. Fungsi pendekatan pembelajaran adalah memberikan suatu pemahaman tentang sesuatu atau cara pembelajaran yang dianggap efektif dan memberi panduan yang dapat diuji kecocokannya dengan kondisi nyata.
Mohammad Surya ( 2004 ) memberikan penjelasan secara praktis mengenai fungsi pendekatan seperti berikut :
- Memberikan garis – garis rujukan untuk perancangan pembelajaran
- Menilai hasil – hasil pembelajaran yang telah dicapai
- Mendiaknosis masalah – masalah belajar yang timbul, dan
- Menilai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan