Masa depan anak ada di tangan orang tua, sedangkan masa depan bangsa ada di tangan anak-anak. Usia dini pada anak merupakan golden age (masa keemasan anak) yaitu pada masa ini anak mengalami perkembangan fisik dan non fisik terutama kemampuan secara pesat yang sangat berpengaruh terhadap sikap dan sifatnya di masa yang akan datang.
Alat Permainan Edukatif (APE) adalah salah satu alat belajar yang bersifat mendidik di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Karena tanpa alat permainan ini anak akan merasa bosan dan jenuh bersekolah. Jadi para orang tua haruslah memilih jenis APE yang tepat untuk putra dan putri mereka.
Dalam pembelajarannya juga dikembangkan beberapa aspek perkembangan pada anak, dimana salah satunya yaitu perkembangan motorik pada anak yang ternyata dalam bermain APE juga mempengaruhi perkembangan motorik anak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis APE yang digunakan untuk mengembangkan perkembangan motorik anak usia dini,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik anak usia dini di PAUD menurut orang tua pada umumnya baik. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya seluruh indikator kemampuan motorik anak usia dini.
Pemanfaatan APE di PAUD juga sudah tersedia lengkap dan sesuai dengan penggunaannya dan disarankan agar :
(1) Orang tua sebagai pendidik yang pertama dan paling utama dalam perkembangan anak khususnya perkembangan kecerdasan motorik anak. Terutama bagi orang tua yang kurang memiliki pengetahuan dan pengalaman, diharapkan tidak enggan untuk menambah ilmunya tentang PAUD terkait dengan Alat Permainan Edukatif yang sesuai dalam mengembangkan kemampuan motorik anak.
(2) Menjadi media perantara dalam pemberian informasi tentang perkembangan kemampuan motorik anak, serta diharapkan mampu memilih dan memilah Alat Permainan Edukatif apa saja yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini.
(3) Bagi peneliti Hendaknya melakukan pengkajian dan penelitian yang lebih lanjut mengenai pemanfaatan APE (Alat Permainan Edukatif) terhadap perkembangan kemampuan motorik anak usia dini dan membandingkannya dengan pendekatan lain sehingga dapat dijadikan rujukan lanjutan yang lebih komprehensif
(4) Bagi peneliti selanjutnya Diharapkan untuk melengkapi kekurangan yang ada untuk mengembangkan ilmu tentang Pendidikan Anak Usia Dini khususnya tentang pengembangan kemampuan motorik anak usia dini dan dapat digunakan untuk penelitian-penelitian lanjutan.
(5) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Hendaknya Jurusan PLS menambah referansi kepustakaan mengenai PAUD khususnya tentang pemanfaatan APE (Alat Permainan Edukatif) terhadap perkembangan kemampuan motorik anak usia dini dan perlakuan orang tua