Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Dharma Pendidikan Kompasiana MSN Indonesia Bisnis Indonesia Kompas Republika Tempo Detiknews Media Indonesia Jawa Pos Okezone Yahoo News New York Times Times Forbes
Google Yahoo MSN
Bank Indonesia Bank Mandiri BNI BCA BRI Cimb Niaga BII
Hariyono.org Education Zone Teknologi Informasi Ekonomi Mikro Ekonomi Makro Perekonomian Indonesia KTI-PTK Akuntansi Komputer Media Pend.Askeb Media Bidan Pendidik Materi Umum Kampus # # #
mandikdasmen Depdiknas Kemdiknas BSNP Kamus Bhs Indonesia BSNP # # # # #
Affiliate Marketing Info Biz # # # # # # # # #
Bisnis Online Affilite Blogs Affiliate Program Affiliate Marketing # # # # # # # # #

04 April 2010 | 7:35 PM | 0 Comments

Layanan Pendidikan Berbasis E-learning

Oleh:
Dr. Rusman, M.Pd. & Dr. Toto Ruhimat, M.Pd.

image Abstract: E-learning is a general term used to refer to computer-enhanced learning based that facilitates whoever, wherever, and whenever the person is to be able to learn more fun, easier and cheaper by using Internet. In other words, E-learning is the use of network technologies to create, foster, deliver, and facilitate learning, anytime and anywhere. It also means a learning facility that uses electronic devices such as LAN, WAN, or Internet to give lectures, to interact, or to guide and monitor the students. E-learning is naturally suited to distance learning and flexible learning. This learning is an asynchronous or self-directed; self-paced activity that is used in order for the students to obtain learning materials by using electronic computer devices that are designed to help the students to get learning materials needed. Asynchronous consists of learning that is stand-alone. Asynchronous e-Learning can be delivered through the web, via an Intranet, or by way of an extranet.
The Curriculum and Education Technology Department of Indonesia University of Education is now trying to design and to use this E-learning as a supplement in MKDP curriculum and learning subjects. The department has been trying to develop the research on E-learning by using research method and development. The instrument used comprises questionnaires meanwhile the data analysis used are descriptive data analysis.
Based on the result of the research, it shows that e-learning program is able to assist the lecturers of MKDP curriculum and learning subjects to improve their ability in designing and developing learning design based on electronic devices by using models and program software.

Kata Kunci: E-Learning, Internet, dan Pembelajaran Berbasis Web.

A. PENDAHULUAN
Berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi memberi dampak terhadap berbagai sendi kehidupan, termasuk terhadap dunia pendidikan memberi pengaruh yang luar biasa.. Berbagai model pembelajaran dengan memanfaatkan komputer seperti: e-learning (electronic learning) Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Instruction (CBI), dan e-teaching (electronic teaching). Model pembelajaran tersebut memungkinkan dosen dan mahasiswa mencari bahan pembelajaran sendiri langsung dari situs di internet melalui komputer sebagai sumber belajar. Dengan memahami cara menggunakan komputer dosen dan mahasiswa dapat mengakses bahan pembelajaran melalui jaringan intra dan internet, dan melalui CD dapat mempelajari bahan pembelajaran secara interaktif dan menarik, tanpa harus didampingi oleh seorang dosen secara langsung.
Perkembangan teknologi internet memberikan nuansa sistem belajar jarak jauh yang lebih terbuka lagi. Sistem pembelajaran berbasis web yang populer dengan sebutan electronic learning (e-learning), web-based training (WBT) atau kadang disebut web-based education (WBE), kampus maya (Virtual Campus), m-learning (mobile learning), dan lain-lain. Keunggulan belajar jarak jauh yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah akses ke sumber belajar semakin terbuka dan luas, cepat dan tidak terbatas pada ruang dan waktu. Kegiatan pembelajaran dapat dengan mudah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, kapan saja dan di mana saja dengan rasa nyaman dan menyenangkan. Batasan ruang, waktu dan jarak tidak lagi menjadi masalah rumit untuk dipecahkan. Melalui teknologi e-learning dosen dan mahasiswa bisa melakukan konferensi, diskusi, konsultasi secara elektronik (electronic conference) tanpa harus bertemu disuatu tempat.
Ada beberapa keunggulan pengembangan program pembelajaran melalui e-learning, yaitu :
1. Sangat dinamis, program pembelajaran e-learning dapat disajikan dalam berbagai format sajian yang menarik, atraktif dan interaktif.
2. Dioperasikan sepanjang waktu sehingga dosen dan mahasiswa dapat memperoleh informasi materi/bahan pembelajaran yang diperlukan disaat memerlukannya.
3. Belajar secara individual, setiap mahasiswa dapat memilih format atau model pembelajaran yang diinginkan dan yang lebih relevan dengan latar belakangnya setiap saat.
4. Bersifat komprehensip, menyediakan berbagai bentuk kegiatan pembelajaran dari berbagai sumber yang memungkinkan mahasiswa untuk memilih suatu format atau metode belajar dan latihan yang disediakan.
Dengan beberapa keunggulan di atas, pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning untuk MKDP Kurikulum dan Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) diharapkan akan dapat meningkatkan akses pemerataan dan meningkatkan mutu kinerja pembelajaran yang pada akhirnya dapat mempercepat masa studi mahasiswa dan dapat meningkatkan mutu lulusannya.
Di samping itu, ilmu dan teknologi berkembang sangat pesat, hal ini membawa implikasi terhadap penambahan bahan ajar yang harus disampaikan dosen kepada mahasiswa. Semantara itu waktu yang tersedia bagi dosen dan mahasiswa untuk bertatap muka di ruang kelas sangat terbatas. Hal ini mendorong perlu dikembangkan sistem pembelajaran yang dapat melayani mahasiswa dalam jumlah banyak, waktu yang diperlukan relatif sedikit, proses pembelajaran yang fleksibel, namun bahan ajar dapat diserap cukup efektif.
Mencermati perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi sistem pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi internet dengan pembelajaran berbasis e-learning-nya, dapat membantu memperpanjang waktu belajar mahasiswa meskipun tanpa harus didampingi oleh dosen secara fisik. Teknologi internet dapat menjadi terobosan yang efektif untuk mengatasi masalah hubungan antara dosen dan mahasiswa dalam mengolah informasi bahan perkuliahan. Program sajian bahan perkuliahan yang menarik, interaktif dan konstruktif dapat mendorong motivasi belajar yang kuat pada mahasiswa, sehingga mereka dapat memmahasiswainya kapan dan dimana saja.
Salah satu kebijakan dan program yang ditetapkan dalan rencana stategis (Renstra) Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2005-2010 adalah mengembangkan sistem belajar jarak jauh dengan memanfaatakan jaringan ICT yang infrastrukturnya telah dibangun di lingkungan kampus. UPI mentargetkan sebanyak 10 program studi yang memanfatkan jaringan ICT untuk menyelenggarakan perkuliahan dengan sistem e-learning.
Jaringan internet yang sudah dibangun di lingkungan kampus UPI baru merupakan infra struktur untuk pembelajaran berbasis e-learning, dan itu tidak akan berarti apa-apa tanpa disiapkan sumberdaya manusianya, baik sebagai pengembang bahan ajarnya, sebagai penyelenggara, maupun tenaga untuk riset dan pengembangannya.
Pembelajaran melalui e-learning menuntut dosen dan mahasiswa memiliki potensi Attitude, Creativity, Knowledge, dan Skill (ACKS). Agar dapat memanfaatkan teknologi internet dalam pembelajaran, dosen dan mahasiswa dituntut untuk memiliki sikap positif terhadap teknologi tersebut, memiliki kreativitas yang tinggi, memiliki pengetahuan yang memadai tentang teknologi informasi, dan memiliki keterampilan dalam menggunakan komputer dan alat teknologi informasi lainnya. Sekaitan dengan hal ini maka untuk menunjang pelaksanaan program pembelajaran berbasis e-learning ini perlu disiapkan sumber daya manusianya melalui program pelatihan e-learning.
Untuk menjamin kelancaran dan kesinambungan pelaksanaan program pembelajaran berbasis e-learning ini perlu dibangun sistem pelayanan operasional yang baik, sistem evaluasi dan monitoring serta riset dan pengembangan program yang kotinu. Untuk itu, perlu dibentuk suatu tim pengembang yang solid dan terkoordinasi yang terdiri dari pakar teknologi internet, pakar teknologi pendidikan dan pakar ICT.

B. KAJIAN TEORITIS
1. Pembelajaran Berbasis WEB
Pembelajaran berbasis web yang populer dengan sebutan web-based training (WBT) atau kadang disebut web-based education (WBE) dapat didefinisikan sebagai aplikasi teknoloogi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa semua pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi internet dan selama proses belajar dirasakan terjadi oleh yang mengikutinya maka kegiatan itu dapat disebut sebagai pembelajaran berbasis web.
Kemudian yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah kecepatan dan tidak terbatasnya pada tempat dan waktu untuk mrngakses informasi. Kegiatan belajar dapat dengan mudah dilakukan oleh mahasiswa kapan saja dan di mana saja dirasakan aman oleh mahasiswa tersebut. Batas ruang, jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah yang rumit untuk dipecahkan.
Bagaimana cara belajar melalui web? Ada persyartan utama yang perlu dipenuh yaitu adanya akses dengan sumber informasi melalui interet. Selanjutnya adanya informasi tentang di mana letak sumber informasi yang ingin kita dapatkan berada. Ada beberapa sumber data yang dapat diakses dengan bebas dan gratis, tanpa proses adninistrasi pengaksesan yang rumit. Ada beberapa sumber informasi yang hanya dapat diakses oleh pihak yang memang telah diberi otorisasi pemilik sumber informasi.
Teknologi internet memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk mendapatkan informasi apa saja dari mana saja dan kapan saja dengan mudah dan cepat. Informasi yang tersedia diberbagai pusat data diberbagai komputer di dunia. Selama komputer-komputer tersebut saling terhubung dalam jaringan internet, dapat kita akses dari mana saja. Ini merupakan salah satu keuntungan belajar melalui internet.
Mewujudkan pembelajaran berbasis web bukan sekedar meletakan materi belajar pada web untuk kemudian diakses melalui komputer web digunakan bukan hanya sebagai media alternatif pengganti kertas untuk menyimpan berbagai dokumentasi atau informasi. Web digunakan untuk mendapatkan sisi unggul yang tadi telah diungkap. Keunggulan yang tidak dimiliki media kertas ataupun media lain.
Pada sub-bab judul sengaja dikatakan pembelajaran berbasis web itu unik tapi serius. Kata serius dipakai untuk mengungkapkan bahwa merancang sampai dengan mengimplementsikan pembelajaran berbasis web tidak semudah yang dibayangkan. Selain infrastruktur internet, pembelajaran berbasis web memerlukan sebuah model instruksional yang memang dirancang khusus untuk keperluan itu. Sebuah model instruksional merupakan komponen vital yang menentukan keefektifan proses belajar. Apapun model instruksional yang dirancang, interaktivitas antara mahasiswa, dosen, pihak pendukung dan materi belajar harus mendapatkan perhatian khusuus. Ini bukan merupakan pekerjaan yang mudah.
Banyak pihak mencoba menggunakan teknologi web untuk pembelajaran dengan meletakan materi belajar secara online, lalu menugaskan mahasiswa untuk mendaptkan (downloading) materi belajar itu sebagai tugas baca. Setelah itu mereka diminta untuk mengumpulkan laporan, tugas dan lain sebagainya kembali ke dosen juga melalui internet. Jika ini dilakukan tentunya tidaklah menimbulkan proses belajar yang optimal.
Kita dapat membayangkan suasana di ruang kelas ketika sebuah “proses pembelajaran” sedang berlangsung. Berapa banyak diantara mahasiswa aktif terlibat dalam diskusi dan sesi tanya-jawab? Apa yang mereka dilakukan di kelas? Dan tentunya masih banyak lagi pertanyaan-peranyaan lain yang sebenarnya kita sudah mengetahui jawabannya. Monitoring proses dalam pembelajaran berbasis web lebih sulit daripada di ruang kelas. Menyediakan bahan belajar online tidak cukup. Diperlukan sebuah desain instruksional sebagai model belajar yang mengundang sejumlah (sama banyaknya dengan kegiatan di ruang kelas) mahasiswa unuk terlibat dalam berbagai kegiatan belajar.
Satu hal yang perlu diingat adalah bagaimana teknologi web ini dapat membantu proses belajar. Untuk kepentingan ini materi belajar perlu dikemas berbeda dengan penyampaian yang berbeda pula.
Sejarah teknologi informasi tidak dapat dilepaskan dari bidang pendidikan. Di Amerika, TI mulai tumbuh dari lingkungan akademis (NSFNET), (Nerds 2.0.1). Demikian halnya di Indonesia, TI mulai tumbuh di lingkungan akademis, seperti di, ITB, UPI, UI dan Perguruan Tinggi lainnya.
Adanya TI atau Internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Adanya Jaringan TI atau Internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat. Aplikasi telnet (seperti pada aplikasi hytelnet) atau melalui web browser (Netscape dan Internet Explorer). Sudah banyak cerita tentang pertolongan Internet dalam penelitian pendidikan, tugas akhir. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat dilakukan melalui Internet. Tanpa adanya Internet banyak tugas akhir, thesis, dan disertasi yang mungkin membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk diselesaikan.
Kerjasama antar ahli dan juga dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal ini dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring. Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Sumatera dapat berdiskusi masalah kedokteran dengan seorang pakar di universitas terkemuka di pulau Irian. Mahasiswa di manapun di Indonesia dapat mengakses para ahli atau dosen yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.
Sharring information juga sangat dibutuhkan dalam bidang penelitian agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel). Hasil-hasil penelitian di perdosenan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi.
Distance learning dan virtual campus merupakan sebuah aplikasi baru bagi Internet. Bahkan tak kurang pakar ekonomi Peter Drucker mengatakan bahwa “Triggered by the Internet, continuing adult education may wll become our greatest growth industry”. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 50 orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja.
Dalam kegiatan pembelajaran berbasis web/e-learning dengan munculnya berbagai software pendukung yang dapat digunakan untuk kepentingan pengembangan layanan pembelajaran, sekarang ini para dosen dapat merancang/mendasain sistem perkuliahan dengan berbasis pada e-learning, yaitu dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman baik itu HTML, Pront Page, MySQL dan lainnya. Hal ini dapat memberikan variasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Seorang dosen tidak harus selalu menjejali mahasiswa dengan informasi yang membosankan. Dengan menggunkan Teknologi e-learning, seorang dosen dapat memanfaatkan komputer dan internet sebagai suplemen, major resources ataupun total teaching, di mana dosen hanya sebagai fasilitator dan mahasiswa dapat belajar dengan berbasis indiviudal learning baik dengan menggunakan model web Course, Web Centric Course maupun menggunkan model Web Enhanced Course.
Dalam penerapan layanan pembelajaran berbasis e-learning seorang dosen dapat menggunakan model penerapan pembelajaran berbasis e-learning baik itu berupa selective model (bila jumlah komputer hanya 1 unit), sequential model (bila jumlah komputer hanya 2 atau 3 unit), Static Station Model (jumlah komputer terbatas dan melibatkan penggunaan sumber belajar lain), dan laboratory model (model ini digunakan jika tersedia sejumlah komputer di lab yang dilengkapi dengan jaringan internet)
1. e-Learning
Menurut Jaya Kumar C. Koran (2002), e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Adapula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. Sedangkan Dong (dalam Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Atau e-learning didefinisikan sebagai berikut: e-Learning is a generic term for all technologically supported learning using an array of teaching and learning tools as phone bridging, audio and videotapes, teleconferencing, satellite transmissions, and the more recognized web-based training or computer aided instruction also commonly referred to as online courses (Soekartawi, Haryono dan Librero, 2002).
Rosenberg (2001) menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini senada dengan Cambell (2002), Kamarga (2002) yang intinya menekankan penggunaan internet dalam pendidikan sebagai hakekat e-learning. Bahkan Onno W. Purbo (2002) menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet. Internet, Intranet, satelit, tape recorder/audio/video, TV interaktif dan CD-ROM adalah sebahagian dari media elektronik yang digunakan. Pembelajaran boleh disampaikan secara ‘synchronously’ (pada waktu yang sama) ataupun ‘asynchronously’ (pada waktu yang berbeda). Materi pembelajaran yang disampaikan melalui media ini meliputi teks, grafik, animasi, simulasi, audio dan video. Ia juga harus menyediakan kemudahan untuk discussion group dengan bantuan profesional dalam bidangnya.
Perbedaan pembelajaran tradisional dengan e-learning yaitu kelas ‘tradisional’, dosen dianggap sebagai orang yang serba tahu dan ditugaskan untuk menyalurkan ilmu pengetahuan kepada mahasiswanya. Sedangkan di dalam pembelajaran berbasis e-learning fokus utamanya adalah mahasiswa. Mahasiswa belajar mandiri pada waktu tertentu dan bertanggung-jawab untuk pembelajarannya. Suasana pembelajaran berbasis e-learning akan ‘memaksa’ mahasiswa memainkan peranan yang lebih aktif dalam pembelajarannya. Mahasiswa membuat rencana dan mencari bahan belajari dengan usaha, dan inisiatif sendiri.
Khoe Yao Tung (2000) mengatakan bahwa setelah kehadiran dosen dalam arti sebenarnya, internet akan menjadi suplemen dan komplemen dalam menjadikan wakil dosen yang mewakili sumber belajar yang penting di dunia.
Cisco (2001) menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut. Pertama, e-learning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan secara on-line. Kedua, e-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional (model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis komputer), sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi. Ketiga, e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan teknologi pendidikan. Keempat, Kapasitas mahasiswa amat bervariasi tergantung pada bentuk isi dan cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar conten dan alat penyampai dengan gaya belajar, maka akan lebih baik kapasitas mahasiswa yang pada gilirannya akan memberi hasil yang lebih baik. Sedangkan Karakteristik e-learning, antara lain. Pertama, Memanfaatkan jasa teknologi elektronik; di mana dosen dan mahasiswa, mahasiswa dan sesama mahasiswa atau dosen dan sesama dosen dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler. Kedua, Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan computer networks). Ketga, Menggunakan bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials) disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya. Keempat, Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer. Untuk dapat menghasilkan e-learning yang menarik dan diminati, Onno W. Purbo (2002) mensyaratkan tiga hal yang wajib dipenuhi dalam merancang elearning, yaitu: sederhana, personal, dan cepat. Sistem yang sederhana akan memudahkan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi dan menu yang ada, dengan kemudahan pada panel yang disediakan, akan mengurangi pengenalan sistem e-learning itu sendiri, sehingga waktu belajar peserta dapat diefisienkan untuk proses belajar itu sendiri dan bukan pada belajar menggunakan sistem e-learning-nya. Syarat personal berarti pengajar dapat berinteraksi dengan baik seperti layaknya seorang dosen yang berkomunikasi dengan murid di depan kelas. Dengan pendekatan dan interaksi yang lebih personal, mahasiswa diperhatikan kemajuannya, serta dibantu segala persoalan yang dihadapinya. Hal ini akan membuat mahasiswa betah berlama-lama di depan layar komputernya. Kemudian layanan ini ditunjang dengan kecepatan, respon yang cepat terhadap keluhan dan kebutuhan mahasiswa lainnya. Dengan demikian perbaikan pembelajaran dapat dilakukan secepat mungkin oleh pengajar atau pengelola.
A. Teknologi Pendukung E-Learning
Dalam prakteknya e-learning memerlukan bantuan teknologi. Karena itu dikenal istilah: computer based learning (CBL) yaitu pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer; dan computer assisted learning (CAL) yaitu pembelajaran yang menggunakan alat bantu utama komputer.
Teknologi pembelajaran terus berkembang. Namun pada prinsipnya teknologi tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: Technology based learning dan Technology based web-learning. Technology based learning ini pada prinsipnya terdiri dari Audio Information Technologies (radio, audio tape, voice mail telephone) dan Video Information Technologies (video tape, video text, video messaging).
Sedangkan technology based web-learning pada dasarnya adalah Data Information Technologies (bulletin board, Internet, e-mail, tele-collaboration).
Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, yang sering dijumpai adalah
kombinasi dari teknologi yang dituliskan di atas (audio/data, video/data, audio/video). Teknologi ini juga sering di pakai pada pendidikan jarak jauh (distance education), dimasudkan agar komunikasi antara murid dan dosen bisa terjadi dengan keunggulan teknologi e-learning ini.
Di antara banyak fasilitas internet, menurut Onno W. Purbo (1997), “ada lima aplikasi standar internet yang dapat digunakan untuk keperluan pendidikan, yaitu email, Mailing List (milis), News group, File Transfer Protocol (FTC), dan World Wide Web (WWW)”.
Sedangkan Rosenberg (2001) mengkatagorikan tiga kriteria dasar yang ada dalam e-learning. Pertama, e-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi. Kedua, e-learning dikirimkan kepada pengguna melalui komputer dengan menggunakan standar teknologi internet. Ketiga, e-learning terfokus pada pandangan pembelajaran yang paling luas, solusi pembelajaran yang menggungguli paradikma tradisional dalam pelatihan.
Ada beberapa alternatif paradigma pendidikan melalui internet ini yang salah satunya adalah system “dot.com educational system” (Kardiawarman, 2000). Paradigma ini dapat mengitegrasikan beberapa system seperti, Pertama, paradigma virtual teacher resources, yang dapat mengatasi terbatasnya jumlah dosen yang berkualitas, sehingga mahasiswa tidak haus secara intensif memerlukan dukungan dosen, karena peranan dosen maya (virtual teacher) dan sebagian besar diambil alih oleh system belajar tersebut. Kedua, virtual school system, yang dapat membuka peluang menyelenggarakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang tidak memerlukan ruang dan waktu. Keunggulan paradigma ini daya tampung mahasiswa tak terbatas. Mahasiswa dapat melakukan kegiatan belajar kapan saja, dimana saja, dan darimana saja. Ketiga, paradigma cyber educational resources system, atau dot com leraning resources system. Merupakan pedukung kedua paradigma di atas, dalam membantu akses terhadap artikel atau jurnal elektronik yang tersedia secara bebas dan gratis dalam internet.
Penggunaan e-learning tidak bisa dilepaskan dengan peran Internet. Menurut Williams (1999). Internet adalah ‘a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources’.

B. Pengembangan Model e-Learning
Pendapat Haughey (1998) tentang pengembangan e-learning. Menurutnya ada
tiga kemungkinan dalam pengembangan sistem pembelajaran berbasis internet, yaitu web course, web centric course, dan web enhanced course.
Web course adalah penggunaan internet untuk keperluan pendidikan, yang mana mahasiswa dan dosen sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet. Dengan kata lain model ini menggunakan sistem jarak jauh.
Web centric course adalah penggunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka (konvensional). Sebagian materi disampikan melalui internet, dan sebagian lagi melalui tatap muka. Fungsinya saling melengkapi. Dalam model ini dosen bisa memberikan petunjuk pada mahasiswa untuk memmahasiswai materi perkuliahan melalui web yang telah dibuatnya. Mahasiswa juga diberikan arahan untuk mencari sumber lain dari situs-situs yang relevan. Dalam tatap muka, mahasiswa dan dosen lebih banyak diskusi tentang temuan materi yang telah dimahasiswai melalui internet tersebut.
Web enhanced course adalah pemanfaatan internet untuk menunjang peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas. Fungsi internet adalah untuk memberikan pengayaan dan komunikasi antara mahasiswa dengan dosen, sesama mahasiswa, anggota kelompok, atau mahasiswa dengan nara sumber lain. Oleh karena itu peran dosen dalam hal ini dituntut untuk menguasai teknik mencari informasi di internet, membimbing mahasiswa mencari dan menemukan situs-situs yang relevan dengan bahan perkuliahan, menyajikan materi melalui web yang menarik dan diminati, melayani bimbingan dan komunikasi melalui internet, dan kecakapan lain yang diperlukan.

C. HASIL PENELITIAN
Berdasarkan hasil penelitian tentang program layanan pembelajaran berbasis e-learning untuk Pemerataan akses dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning dapat dilakukan melalui beberapa model yaitu model Web Course, Web Centric Course maupun menggunkan model Web Enhanced Course. Dalam penerapan layanan pembelajaran berbasis e-learning seorang dosen dapat menggunakan model penerapan pembelajaran berbasis e-learning baik itu berbentuk selective model (bila jumlah komputer hanya 1 unit), sequential model (bila jumlah komputer hanya 2 atau 3 unit), Static Station Model (jumlah komputer terbatas dan melibatkan penggunaan sumber belajar lain), dan laboratory model (jika tersedia sejumlah komputer di laboratorium yang dilengkapi dengan jaringan internet)
Secara lebih rinci hasil penelitian adalah sebagai berikut:
Sekaitan dengan sajian isi dan penggunaan program e-learning yang dikembangkan, para dosen berpandangan sebagai berikut:
1. Software yang dikembangkan sebaiknya menyajikan informasi/paparan tentang :
a. Tujuan/Kompetensi yang ingin dicapai (89.3%);
b. Paparan materi secara rinci (85.7%);
c. Tugas dan latihan-latihan yang harus dilakukan (78.6%);
d. Soal-soal tes yang harus dikerjakan (57.1%);
e. Umpan balik dari tugas/latihan dan tes (75%);
f. Sumber bacaan sebagai pelengkap (71.4%);
g. Program, website atau situs yang bisa di-link (82.1%).
2. Paparan disajikan dalam bahasa yang lugas/populer (75%)
3. Bahasa yang digunakan dalam paparan e-learning sebaiknya singkat dan jelas (92.9%).
4. Sajian program dipilah-pilah berdasarkan tujuan/kompetensi yang diharapkan (89.3%).
5. Paparan Materi, tugas/latihan dan tes dipilah-pilah sesuai dengan tujuan/kompetensi yang diharapkan (89.3%).
6. Paparan materi disajikan dan diikuti oleh kegiatan praktek, tugas/latihan dan tes (71.4%).
7. Sajian materi disekaliguskan, demikian pula dengan tugas/ latihan dan tes (60.7%).
8. Untuk paparan materi, huruf yang digunakan sederhana/jelas daripada huruf yang bernuans seni/ribet (60.7%).
9. Warna yang digunakan dalam sajian program cenderung lebih disukai warna yang kalem/ cold daripada yang ngejreng/spotlight (42.9%).
10. E-learning yang dikembangkan perlu dilengkapi dengan unsur-unsur yang gambar/picture yang menarik dan membangkitkan motivasi (60.7%).
11. Untuk Judul/headline,huruf yang digunakan sederhana/jelas daripada huruf yang bernuansa seni/ribet (60.7%).
12. Petunjuk/ tanda-tanda/ icon harus jelas dan berlaku umum (89.3%).
13. Penggunaan gambar/ilsutrasi harus seimbang, tidak lebih banyak dibanding tulisan (50%).
14. E-learning harus dapat menyajikan informasi tentang ketercapaian tujuan/ komptensi yang diraih diperoleh pengguna (92.9%).
15. Diperlukan umpan balik bagi pengguna tentang apa yang telah dilakukan/dikerjakannya (71.4%).
16. e-learning sebaiknya dikembangkan dengan model yang mudah dipahami (42.9%).

Hasil ujicoba terbatas yang dilakukan terhadap dosen MKDP Kurikulum dan Pembelajaran dalam memberikan penilaian terhadap program e-learning diperoleh hasil bahwa terdapat beberapa aspek yang dapat dikategorikan baik, sedangkan aspek lainnya pada kategori cukup. Aspek yang dikategorikan sudah baik, yaitu: perumusan tujuan, tugas-latihan, soal/tes, penggunaan bahasa, penggunaan huruf, strategi yang dikembangkan, dan kesinambungan antar komponen pembelajaran. Sedangkan aspek yang dikategorikan cukup adalah aspek paparan materi, soal-latihan-tes, umpan balik, warna, musik, suara, icon, dan keterpahaman mahasiswa terhadap materi yang disajikan dalam e-learning.
Setelah dilakukan revisi terhadap program e-learning tersebut, hasil ujicoba lapangan/validasi yang dilakukan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI dengan jumlah peserta 20 orang. dapat dijelaskan pada tabel 1.2 Setelah dilakukan beberapa perbaikan sebagaimana penilaian pada ujicoba terbatas, terlihat ada beberapa penilaian yang meningkat. Aspek-aspek yang tadinya dianggap pada kategori kurang dan cukup meningkat menjadi kategori baik. Beberapa aspek yang meningkat menjadi kategori baik sudah mencapai 12 aspek dari 18 aspek yang menjadi bahan penilaian, artinya 66.67% dari seluruh aspek yang dinilai dikategorikan baik dan 33.33% dikategorikan cukup. Beberapa aspek yang masih perlu dilakukan perbaikan antara lain dalam penggunaan warna, musik, suara, ilustrasi, effect, dan icon/ petunjuk.

Tabel 1
Penilaian Dosen MKDP Kurikulum dan Pembelajaran
terhadap Program E-Learning pada Ujicoba Lapangan/Validasi

NO. ASPEK YANG DINILAI JAWABAN RESPONDEN (dalam %)
KURANG CUKUP BAIK
1. Komponen-komponen pembelajaran yang disajikan dalam web e_learning mata kuliah Kurikulum dan Pembelajaran.
a. Tujuan/ Kompetensi 0 10 90
b. Paparan materi 5 40 55
c. Tugas dan latihan-latihan 5 35 60
d. Soal latihan/ tes 0 25 75
e. Umpan balik dari tugas/ latihan dan tes. 0 40 60
f. Sumber bacaan pelengkap. 20 30 50
g. Keinteraktifan. 20 30 50
2. Penggunaan atau pemakaian unsur-unsur grafis dan pendukung dalam tampilan web e-learning
a. Bahasa 0 10 90
b. Warna. 5 55 40
c. Musik. 15 85 0
d. Huruf 0 35 65
e. Gambar/ ilustrasi 20 50 30
f. Suara 15 80 5
g. Effect 10 60 30
h. Icon/ petunjuk 30 60 10
3. Strategi yang digunakan dalam penyajian masing-masing komponen dalam e-learning yang dikembangkan. 5 45 55
4. Kesinambungan antara unsur-unsur pembelajaran yang ada dalam program e-learning, seperti: tujuan, materi, strategi, dan evaluasi. 0 40 60
5. Pemanfaatan dan penggunaan web e_learning yang telah dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa mencapai tujuan perkuliahan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 0 40 60

D. PEMBAHASAN
Secara umum pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning yang telah dikembangkan melalui beberapa tahapan dan ujicoba dinilai oleh dosen sebagai suatu program e-learning yang dapat digunakan untuk memfasilitasi mereka dalam pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning untuk MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.
Sebagaimana kajian pustaka yang telah dikemukakan bahwa terdapat berbagai model yang dapat dikembangkan dalam pembuatan dan pemanfaatan layanan pembelajaran berbasis e-learning, yaitu:
Pertama, pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning melalui Web Course yaitu penggunaan e-learning untuk keperluan pendidikan, yang mana mahasiswa dan dosen sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui e-learning (internet). Dengan kata lain model ini menggunakan sistem belajar jarak jauh (SBJJ).
Kedua, Pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning melalui Web Centric Course yaitu penggunaan e-learning yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka (konvensional). Sebagian bahan perkuliahan disampikan melalui e-learning, dan sebagian lagi melalui tatap muka. Fungsinya saling melengkapi. Dalam model ini dosen bisa memberikan petunjuk pada mahasiswa untuk mempelajari materi perkuliahan melalui web/situs di internet yang telah dibuatnya. Mahasiswa juga diberikan arahan untuk mencari sumber lain dari situs-situs yang relevan. Dalam tatap muka, mahasiswa dan dosen lebih banyak diskusi tentang temuan materi yang telah dipelajari melalui e-learning tersebut.
Ketiga, Pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning melalui Web Enhanced Course yaitu pemanfaatan e-learning untuk menunjang peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas. Fungsi e-learning adalah untuk memberikan pengayaan dan komunikasi antara mahasiswa dengan dosen, sesama mahasiswa, anggota kelompok belajar, atau mahasiswa dengan nara sumber lain. Oleh karena itu peran dosen dalam hal ini dituntut untuk menguasai teknik mencari informasi di internet, membimbing mahasiswa mencari dan menemukan situs-situs yang relevan dengan bahan perkuliahan, menyajikan materi melalui web (e-learning) yang menarik dan diminati, melayani bimbingan dan komunikasi melalui e-learning, dan kecakapan lain yang diperlukan.
Model-model Pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning tersebut dapat dipilih sesuai dengan karakteristik dari kompetensi/tujuan pembelajaran yang diharapkan dan sifat dari materi perkuliahan yang akan disajikan melalui e-learning.
Para dosen menilai komponen-komponen sajian program e-learning sesuai dengan komponen-komponen yang seharusnya dikembangkan dalam suatu program pembelajaran berbasis e-learning, yakni berisi tujuan, pemaparan materi yang disajikan, tugas dan latihan, soal/tes, dan sumber rujukan. Para dosen masih menilai cukup (pada ujicoba terbatas) dan baik (pada ujicoba lapangan) tentang sumber bacaan/rujukan pelengkap. Hal ini menunjukkan bahwa suatu program e-learning memang sebaiknya dikembangkan dan menyajikan berbagai materi penunjang dan pengalaman belajar lainnya sebagai penunjang dan pengayaan. Dengan demikian mahasiswa akan banyak mempelajari berbagai hal yang dapat menunjang ketercapaian tujuan/ kompetensi yang diharapkan. Penilaian para dosen yang seperti ini juga menunjukkan bahwa mereka ingin memberikan pengalaman belajaran yang terbaik dan lengkap di samping materi inti yang telah diajarkan.
Dari data pendukung yang diperoleh (dapat dilihat pada lampiran), bahwa rata-rata waktu yang diperlukan oleh mahasiswa untuk mempelajari program e-learning ini adalah 2 jam 30 menit. Hal ini berarti bahwa dengan menggunakan e-learning ini dapat membantu mempercepat proses penyerapan informasi/materi perkuliahan dibanding dengan proses peerkuliahan yang hanya tatap muka saja. Dengan e-learning ini, dosen akan terbantu dalam meningkatkan kemampuannya, baik dalam merancang bahan ajar yang dikembangkan maupun pengembangan desain pembelajaran e-learning dengan menggunakan front page dan program software MySQL dengan menggunakan bahasa dasar SQL untuk pengembangan sistem database engine yang telah berkembang sejak pertengahan tahun 1996 sampai sekarang. Di samping itu dengan menerapkan layanan pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah MKDP Kurikulum dan Pembelajaran dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana dan prasarana pendukung yang digunakan dalam pembelajaran berbasis e-learning di Universitas Pendidikan Indonesia sekaligus menyiapkan SDM yang profesional dalam mengembangkan, mendesain, dan melakukan penelitian dalam pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning di Universitas Pendidikan Indonesia.

E. KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan yang dapat dirumuskan dari hasil penelitian dan pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning ini adalah:
1. Pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning yang digunakan dalam mata kuliah MKDP Kurikulum dan Pembelajaran dapat menggunakan model Web Course, Web Centric Course, atau model Web Enhanced Course. Pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning tersebut dapat dipilih oleh dosen sesuai dengan karakteristik dari kompetensi/tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan sifat/karakteristik dari materi perkuliahan yang akan disajikan melalui program e-learning.
2. Untuk dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan desain bahan ajar yang akan dikembangkan terlebih dahulu harus jelas apa tujuan atau kompetensi yang akan dicapai dalam pengembangan pembelajaran berbasis e-learning, karena tujuan adalah titik tolak pijakan untuk mengembangkan rancangan bahan ajar yang akan disajikan dalam format e-learning. Hal ini akan memudahkan dosen untuk dapat mensetting dan mendesain bahan perkuliahan yang akan di-publish atau dimasukan ke dalam situs/program e-learning tersebut. Di samping itu program layanan pembelajaran berbasis e-learning yang dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan desain bahan ajar meliputi komponen-komponen sebagai ini:
a. Tujuan / Kompetensi.
b. Paparan materi.
c. Tugas dan latihan.
d. Soal-soal tes.
e. Umpan balik dari tugas/latihan dan tes.
f. Sumber bacaan/ rujukan.
3. Untuk dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan desain bahan ajar yang akan dikembangkan terlebih dahulu harus jelas bahasa pemrograman apa yang akan digunakan dalam pengembangan pembelajaran berbasis e-learning apakah front page, moodle, SAS, MySQL, atau software yang lainnya. Hal ini akan memudahkan dosen untuk dapat mensetting dan mendesain bahan perkuliahan yang akan di-publish atau dimasukan ke dalam situs/program e-learning. Program layanan pembelajaran berbasis e-learning yang dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan disain pembelajaran yaitu dengan menggunakan berbagai software pemrograman yang tidak terlalu komplek dan harus memenuhi format dan beberapa kriteria sebagai berikut:
a. Format sajian dipilah-pilah untuk setiap tujuan/kompetensi, begitu pula sajian materi, latihan, dan tes serta balikannya.
b. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sederhana, populer, dan tidak verbalistis.
c. Menggunakan warna yang cold, huruf yang jelas/ sederhana, dan icon-icon yang baku serta menggunakan ilustrasi yang seimbang.
d. Menyajikan picture sebagai variasi dalam program yang digunakan
e. Program e-learning dirancang untuk dapat disajikan dalam website atau situs yang bisa di-link dengan program yang lain dan menyajikan berbagai pilihan seperti file dokumen, powerpoint dan sebagainya.
4. Untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana dan peralatan yang digunakan untuk pengembangan bahan ajar berbasis e-learning yaitu harus tersedianya komponen pendukung terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning, yaitu adanya lab. komputer yang telah terpasang jaringan, sehingga akan memudahkan penerapan program layanan pembelajaran berbasis e-learning, peningkatan kualitas dan kuantitas laboratorium komputer yang ada di Direktorat TIK (dulu UPINET) terutama penambahan daya tampung dan penambahan unit komputer, sehingga mahasiswa secara leluasa mengakses internet untuk kegiatan pembelajaran berbasis e-learning.
5. Penyiapkan sumberdaya untuk riset dan pengembangan pembelajaran berbasis e-learning yaitu memerlukan SDM yang mampu melakukan:
a. Rekayasa dan pemodelan sistem/informasi (system/information engineering and modeling). Karena software adalah bagian dari sistem yang lebih besar, pekerjaan dimulai dari pembentukan kebutuhan-kebutuhan dari semua elemen sistem dan mengalokasikan suatu subset ke dalam pembentukan software. Hal ini penting, ketika software harus berkomunikasi dengan hardware, manusia, dan basis data. Rekayasa dan pemodelan sistem layanan menekankan pada pengumpulan kebutuhan pada level sistem dengan perancangan dan analisis.
b. Analisis kebutuhan software (software requirements analysis). Proses pengumpulan kebutuhan diintensifkan ke software, harus dapat dibentuk konten/informasi, fungsi yang dibutuhkan dan performance. Hasilnya harus didokumentasikan dan diriview.
c. Desain (design). Proses desain mengubah kebutuhan-kebutuhan menjadi bentuk karakteristik yang dimengerti software sebelum dimulai penulisan program.
d. Penulisan program (coding). Desain harus diubah menjadi bentuk yang dimengerti oleh komputer. Maka dilakukan penulisan program.
e. Testing. Setelah kode program selesai dibuat, program dapat berjalan.

DAFTAR PUSTAKA
Anthony B. Perkins, dan Michael C. Perkins, (1999) “The Internet Bubble: Inside the overvalued world of high-tech stocks – and what you need to know to avoid the coming shakeout”, HarperBusiness.

Antonius Aditya Hartanto dan Onno W. Purbo, (2002).E-Learning berbasis PHP dan MySQL, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta,

Bailey, D.H. (1996), Constructivism and Multimedia: Theory and Application: Inovation and Transformation. Journal of Instruction Media.
Barker, P. (1990), Designing Interactive Learning System, Education and Training Technolgy International.
Budi Rahardjo, (2003) Proses e-Learning di Perguruan Tinggi, Seminar & Workshop, ITB.

___________, Internet Untuk Pendidikan, http://budi.insan.com, 2001.

Criswell, E.L. (1989). The Design of Computer-Based Instruction. New York: Mac Millan.
Clements, D.H. (1994). The Uniquenees of the Computer as E-Learning Tool: Insight from Research and Practice. In. J.L. Wright. & D. Shade. 1994. Young children: Active Learners in a Technologi Age. Washinton, D.C.: National Association for the Education of Young Children.
Cisco (2001). E-learning: Combines Communication, Education, Information, and Training. Avaliabe at [Online] htt://www.cisco.com/warp/public/10/ wwtraining/e-learning.
Dale, E., (1969) .Audiovisual Methods in Teaching. New York : Dryden Press.
Don Scott, Catherine Cramton, Stephane Gauvin, et al. “Internet Based Collaborative Learning: an Emprical Evaluation.” http://ausweb.scu.edu.au/proceedings/ donscott/index.html.
Dong, F.H. (2001). Can You Succeed as a Commodity : How do Ecommerce and E-learning Relate ? Available at [Online] http://www.elearningmag.com.
Ellis, Alan, Wagner and Longmire, (1999) Managing Web-Based Training, ASTD. USA.
Eric S. Raymond, (1999) “The Cathedral and the Bazaar: Musings on Linux and Open Source by an Accidental Revolutionary”, O’Reilly & Associates, Inc.

Jolliffe A. et all., 2001, The Online Learning Handbook. Kogan Page Publisher. London. N19JN.
James W. Michaels and Dirk Smillie, (2000), “Webucation: Some smart investors are betting big bucks that Peter Drucker is right about the brilliant future of online adult education,” Forbes,
Lee. Kar Tin, 2001, Information Technology in Teacher Education. Published in the Asia Fasific.
Office of Education Technologi (2001). E-learning: Putting a World-Class Education at the Fingertips of All Children. Availabe at [Online] http://www.ed.gov /tecnology/elearning.
Rusman, (2000), Eksistensi Komputer dan Internet dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Pendidikan FIP.
_________ (2004), Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Jurnal Edutech. Vol 3, No 1 Februari 2004. ISSN. 0852-1190
_________. (2007), Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK, Jurnal Teknodik-Pustekom Jakarta..
_________, (2009) Manajemen Kurikulum:Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta. Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Somekh, Bridget and Niki Davis, 1997, Using Information Technology Effectively in Teaching and Learning, London Routledge.
Stephen Segaller, 1998, “Nerds 2.0.1: A brief history of the Internet”, TV Books, L.L.C.

Popularity: 7% [?]

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.
 
Copyright © 2010 - All right reserved by Education Zone | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by h4r1
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome, flock and opera.